Dengan gulungan benang-benang kata, kita 'kan merajut makna.

Senin, 23 Desember 2019

7 Alasan Mengapa Kita Tak Boleh Berputus Asa


Sahabat, setiap diri kita pasti pernah merasakan apa yang dinamakan kegagalan. Tak ada orang di dunia ini yang setiap episode hidupnya selalu mudah dan lurus-lurus saja. Pasti ada satu masa yang dihadapi seseorang dan ia merasakan apa itu kegagalan.

Dalam menyikapi kegagalan, setiap orang pasti memiliki caranya sendiri-sendiri. Bisa jadi, seseorang akan merasa putus asa dan berhenti berjuang. Tapi, kamu harus ingat, Sahabat.  Ada 7 Alasan mengapa kamu tak boleh berputus asa. Apa sajakah itu?

1. Masih ada orang yang mendukung perjuanganmu

Sahabat, ketika kamu gagal. Coba lihatlah ke belakang. Di belakangmu masih banyak orang yang mendukung apa yang sedang kauperjuangkan. Ada orang tuamu, saudaramu, bahkan para sahabatmu yang selalu mendukung perjuanganmu dengan dorongan dan doa. Jadi, jangan kecewakan mereka ya ...

2. Satu kali gagal bukan berarti gagal selamanya

Kalau kamu gagal sekali, itu bukan berarti kamu gagal selamanya. Karena bisa jadi, Allah berikan kamu kegagalan untuk menguji seberapa besar kesungguhanmu. Jika kamu bersungguh-sungguh dalam berjuang, Allah pasti bantu kamu untuk bangkit kembali menuju keberhasilan.

3. Kegagalan adalah awal dari keberhasilan

Bisa jadi, kegagalanmu saat ini adalah kunci dari keberhasilanmu. Kok bisa? Karena dari kegagalan kita bisa belajar dan berbenah diri. Melihat apa saja yang kurang dari apa yang kita lakukan. Bisa jadi, setelah bercermin dari kegagalan, itu akan mendekatkanmu pada keberhasilan.

4. Putus asa tak menyelesaikan masalah.

Jika kamu putus asa dan memutuskan untuk berhenti berjuang, apakah itu akan menyelesaikan masalah? Tentu saja tidak. Karena ketika kamu berputus asa, tak ada satupun yang kaudapatkan. Jadi, berhentilah mengeluh dan mari bangkit kembali.

5. Jangan biarkan perjuanganmu jadi sia-sia

Coba kamu lihat apa saja yang sudah kaukorbankan dalam perjuangan ini. Kalau kamu memutuskan untuk berhenti dan menyerah, kamu akan mengecewakan perjuangan dan pengorbananmu selama ini. Ingatlah semua itu, dan apa yang kaukerjakan dahulu akan membantumu untuk bisa berusaha lebih keras lagi.

6. Semua orang pernah gagal

Tidak hanya kamu yang pernah gagal, Sahabat. Banyak orang yang dahulu sepertimu. Tapi bedanya, mereka tak sedikitpun membiarkan rasa putus asa mengalahkan semangatnya untuk berjuang. Maukah kamu jadi seperti mereka? Atau kamu akan berdiam saja dan putus asa?

7. Bisa jadi, kamu akan berhasil selangkah lagi

Banyak orang gagal bukan karena dia tak mampu. Tapi bisa jadi, sebenarnya keberhasilan tinggal selangkah lagi tapi ia malah menyerah di tengah jalan.
Jika demikian, kamu akan sangat merugi.

Sahabat, marilah kita mengingat kembali apa yang Rasulullah pesankan kepada kita sebagai umatnya, "Ihrish 'alaa maa yanfa'uka wasta'in billahi walaa ta'jaz. Bersungguh-sungguhlah pada perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu bersikap lemah."
((HR. Ahmad 9026, Muslim 6945, dan yang lainnya)

***

Jakarta, 23 Desember 2019

Share:

2 komentar:

Pengunjung Blog

GoresanPena Kehidupan. Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Penulis

Foto saya
Aku bukan sesiapa. Hanya segores nama biasa. Mencoba 'tuk suratkan makna.

Pengikut